Minggu, 24 Januari 2010

Dijual Notebook Dibundle Dengan Ubuntu Linux


Dell Vostro 1014

Iklan Dell di koran harian Jawa Pos tanggal 23 Januari 2010 halaman 17 menurut saya sangat menarik. Dua produk notebook Dell yaitu Dell Vostro 1014 dan Dell Vostro 1088 dibundle dengan sistem operasi Ubuntu Linux dari Canonical.

Dell sendiri boleh dikatakan hanya segelintir dari vendor komputer yang "berani" membundle notebooknya dengan sistem operasi non-windows. Tadinya produk notebook Dell dengan Ubuntu hanya tersedia di Amerika Utara, sekarang sudah sampai di Indonesia jika dilihat dari iklan ini. Jadi apa bagusnya notebook yang dijual dengan OS Non-Windows?

Pertama, itu berarti konsumen mendapatkan alternatif sistem operasi yang sejak lama di monopoli oleh Microsoft Windows. Jika kita bisa memilih merk hape yang kita inginkan, jika kita bisa memilih sendal jepit yang pas ma kaki kita, kenapa tidak dengan sistem operasi di notebook/kompie kita?

Yang kedua itu berarti adanya kompetisi antar OS. Jangan harap adanya kompetisi antara Windows dengan MacOS, itu basi dan ga akan terjadi. Sepertinya Apple dengan MacOS-nya sudah cuup senang dengan dunia kecilnya dan tidak tertarik untuk meraih user yang lebih banyak. Linux adalah kompetitornya Windows dan itu diakui oleh petinggi di Microsoft sendiri. Kompetisi itu "baik". Kalau kompetisi antar provider telephone selular bisa bikin tarif selular murah, kalau kompetisi antar vendor hape bisa bikin hape jadi lebih murah dan makin canggih, sudah pasti konsumen akan mendapat manfaat dari kompetisi antara Linux vs Windows. Jadi monopoli itu ga bagus.

Bisa jadi tidak lama lagi akan lebih banyak vendor komputer yang akan menawarkan produk mereka dibundle dengan OS Linux, tidak harus Ubuntu. Bisa jadi distro Linux lainnya seperti Fedora, OpenSuse, Mandriva, Debian, Linux Mint, Slackware atau bahkan distro Linux buatan Indonesia seperti Blangkon atau Nusantara.

Kembali ke iklan Dell. Jika diperhatikan bagian spesifikasi Dell Vostro 1014 ada setidaknya dua hal yang menarik yaitu harga notebook Dell Vostro 1014 dengan dua OS berbeda dan versioning OS.

Soal harga kita bisa melihat Vostro 1014 dengan processor Intel Core 2 Duo T5870+Ubuntu Linux= $619. Sedangkan notebook yang sama dengan processor berbeda dan OS Windows (dengan Intel Core 2 Duo T6570+Windows 7 Home Basic) dihargai $ 704. Jadi ada selisih harga $ 85.

Yang jadi pertanyaan saya kenapa selisih harganya bisa hanya $85 seolah-olah harga selisih itu hanya untuk mendapatkan notebook yang sama hanya processornya beda. Yang saya tau (dan semua orang tau) Windows itu ga murah, mahal. Sedangkan Ubuntu Linux itu free alias gratis. Yang kamu butuhkan hanyalah mendapatkan satu CD Ubuntu dan silahkan diinstal di notebook sejuta juga gada biaya lisensi sama sekali.

Jika demikian kenapa Dell Vostro 1014 dengan Ubuntu tidak bisa lebih murah lagi?

Anyway kalau ngomongin soal versioning OS. Nah Windows 7 itu hadir dengan berbagai versi mulai dari Win 7 Starter Edition sampai Win 7 Professional. Range harganya mulai dari kurang dari sejuta untuk Win 7 Starter Edition sampai kurang lebih 3 juta untuk versi Win 7 Pro. Pada intinya semuanya sama saja cuman yang membedakan antara satu versi Win 7 satu dengan lainnya adalah soal beberapa software kelengkapan saja.

Berbeda dengan Windows 7, Ubuntu Linux tidak mengenal versioning ala Windows. Ubuntu Linux hanya mengenal satu versi saja sudah lengkap isinya dengan berbagai software yang kita butuhkan jadi kalau boleh dikatakan Ubuntu itu Just Work! Kalau dengan Windows? Kita masih ngeluarin jutaan hanya untuk membuatnya Just Work!

Btw saya ga ngiklanin Dell loh, mereka ga ngasih duit ke saya buat bikin artikel ini tapi kalau Dell mau ngasih notebook gratis ma thank you lah ;). Oya satu lagi. Dibagian atas iklan itu ada tulisan seperti ini:

Windows. Hidup tanpa Batas
Dell merekomendasikan Windows 7

Pertanyaan saya adalah: berapa duit yang Microsoft bayarkan ke Dell untuk iklan yang "menyanjung" Windows 7? saya yakin pencantuman "rekomendasi" ini ga gratis, talking about the power of money :p

Yang kedua kalau yang diatas Microsoft ga bayar dell maka kenapa Dell tidak sekalian melakukan hal yang sama dengan Ubuntu Linux?

Ubuntu Linux. Linux for Human Being
Dell merekomendasikan Ubuntu Linux

Hahahahahahahahahaha . . . banyak sekali yang saya komentari dari satu iklan ini. Kalau saya punya duit dan mau beli notebook dan ditawari apakah mau dengan Ubuntu Linux atau Windows 7 maka saya milih Ubuntu deh, tapi kalau gada pilihan Ubuntu. Ya mendingan saya beli kosongan aja terus saya instal dengan Ubuntu :p











4 komentar:

  1. Thx ro atas artikelnya
    (Ngetes comment dl nih...)

    BalasHapus
  2. @ Wins: sama-2, thx dah mampir :)

    BalasHapus
  3. Lagian ro, yg dcari calon konsumen ialah hardwarenya dan jg sesuai g dng budjetnya dia...
    Biasany org indonesia lebih mikirin budget ttp penegn dpt kualitas brg yg maksimal.
    Mknya Dell jual notebook pake OS Linux aja biar irit ongkos produksiny (dan cma utk pengetesan kmampuan laptopnya kali) ...

    BalasHapus
  4. @ Wins: Hahahahahahahahaha . . . mungkin juga, kebanyakan orang suka mau gampangnya, mereka sudah di "dicuci-otak". Kalau beli kompie/notebook kudu processornya Intel dan OS-nya Windows, padahal alternatif diluar sana banyak dan sering kali lebih bagus ;)

    Jadi bagus juga ada kompetisi seperti ini, jadi orang lebih sadar kalau alternatif itu ada :)

    BalasHapus