Sabtu, 09 Januari 2010

Di Suatu Sudut Jalan



Ketika dalam perjalanan pulang dari kantor Telkom di Jalan Rajawali iseng-iseng saya muter-muter sebentar di daerah pasar Pabean. Seperti biasa dareah itu ramai dengan aktifitas perdagangan. Para kuli sibuk menaikkan atau menurunkan barang ke truk, pick-up dan mobil box. Bahkan di sabtu siang itu sebagian besar toko masih buka dan sibuk.

Di salah satu sudut jalan saya melihat bangunan tua ini. Tampaknya belum mengalami perubahan bentuk wajah, mungkin sejak pertama kali dibangun. Bangunan ini lebih mirip gudang daripada sebuah hunian tempat tinggal, tapi itu bukan sesuatu yang mengherankan karena memang sejak jaman Belanda dulu daerah ini memang terkenal sebagai daerah niaga dan pergudangan (fungsinya tetap sama sampai hari ini).




Tua, suram, tidak terawat, tidak berfungsi itulah kesan yang saya tangkap ketika memperhatikannya. Walau begitu saya pikir bangunan ini pantas saya abadikan dengan kamera dan ternyata demikian hasilnya, setidaknya itu menurutu. Saya suka bagiannya yang berbahan kayu dan warnanya . . . seperti pintu, jendela dan balkonnya merah kusam. Palang besi berarat di pintu dan di jendelan menambah kesan tempo dulu.




Download Photo 01
Download Photo 02
Download Photo 03

2 komentar:

  1. Thx Mr Eyes untuk mampir dan komen, ya saya setuju dengan opini anda, dan kalau saya tambahkan sangat disayangkan banyak bangunan tua di surabaya tidak dirawat atau bahkan sengaja tidak dirawat, mungkin kalau sudah rusak parah ada alasan untuk merobohkannya dan membangun yang baru

    BalasHapus