Minggu, 03 Januari 2010

Melengkapi XP yang Terabaikan




Menggunakan MCNLive LiveCD itu menyenangkan dan sementara waktu dapat menggantikan Ubuntu saya yang lagi error (baca tulisan saya sebelumnya). Namun MCNLive memiliki satu elemen yang kurang yaitu karena medianya adalah CD jadi tidak mungkin ditambahkan aplikasi baru seperti Wine. Ya saya lagi butuh Wine karena Watchtower Library 2008 itu hanya jalan di Windows. Karena keterbatasan itu dengan agak enggan saya mulai lagi menggunakan Win XP Pro yang lama terabaikan, diam disuatu sudut dalam HD notebook Compaq.

Sepertinya mungkin sudah hampir satu tahun lalu saya booting ke Win XP. Setelah instal ulang XP lalu saya instalkan OpenOffice 3.1 dan software suite bawaan scanner CanoScan N640P ex dan setelah itu saya tinggalkan sampai akhirnya CD Watchtower Library 2008 edisi Bahasa Indonesia datang. Wtlib 2008 saya instalkan ke Win XP dan sekali lagi saya abaikan untuk waktu lama.

Karena sekarang saya make Win XP lagi makanya saya harus melengkapinya dengan beberapa sofitware yang saya butuhkan. Sempat terlihat oleh saya satu keping CD berisi MS Office 2003 dari koleksi CD burningan, sangat menggoda untuk di install tapi tidak. Saya memilih OpenOffice daripada pake Office 2003 bajakan. Kalau ga salah saya juga punya Photoshop 7 tapi lagi-lagi saya memilih GIMP karena Photoshop 7-nya bajakan juga.

Setelah ubek-ubek koleksi installer software, saya menemukan beberapa yang berguna bagi saya seperti Lightscreen untuk mengambil gambar screenshot. Ada Mozilla Firefox 3.0.8 untuk menggantikan peran IE 6 yang sering kali payah soal rendering file html dan tidak punya fitur tabs. VLC Media Player untuk nonton film VCD atau DVD, Winamp 5 untuk memainkan koleksi mp3. Lalu ada Adobe Reader 7 untuk baca-baca koleksi buku dan majalah dalam bentuk format pdf dan terakhir adalah  GIMP 2.6.6 untuk image editing.

Seperti yang bisa dilihat diatas, saya berupaya sebisanya menggunakan software yang bukan bajakan. Ada banyak alternatifnya diluar sana. 4 software merupakan software berbasis FOSS (Free/Open Source Software) seperti OpenOffice, Mozilla Firefox, VLC, dan GIMP.  Sisanya adalah software free (tapi tidak open) seperti Adobe Reader dan Winamp dan jangan lupa software legal seperti Suite bawaan scanner dan kamera. Semoga Ubuntu saya cepat dapat solusinya jadi saya bisa balik menggunakannya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar