Kamis, 31 Desember 2009

Highly Sophisticated Communication Device


Lokasi: Gedung P, Kampus Universitas Kristen Petra Surabaya

Kodak C 713 Diedit dengan GIMP 2.6.6


Kalau saya tidak salah ingat, dulu waktu di SD saya belajar tentang kegunaan sebuah alat yang namanya kentongan. Jauh sebelum adanya alat komunikasi modern seperti walkie-talkie, radio, TV, hp, dll . . . kentongan dalam masyarakat kita adalah highly sophisticated communication device (lebay ya istilahnya) untuk menyampaikan berbagai macam berita seperti adanya kelahiran, kematian, pergantian jam (spt yang sedang digalakkan lagi di RT saya dengan cara memukul tiang listrik yang terbuat dari besi), adanya bencana, panggilan untuk berkumpul warga, dan lain sebagainya.

Kentongan yang saya lihat ini berada di suatu sudut Gedung P Universitas Kristen Petra Surabaya. Saya jadi bertanya-tanya apakah kentongan yang terbuat dari besi ini masih digunakan sesuai dengan fungsinya? ataukah hanya sekedar panjangannya karena fungsinya sudah digantikan walkie-talkie oleh para satpam di kampus U.K Petra?

Membayangkan para satpam berkomunikasi menggunakan kentongan sepertinya lucu juga. Misalnya sang Komandan mau menanyakan kondisi keamanan ke anak buahnya, dia memukul kentongan dengan kode tertentu lalu setelah itu dia akan memasang telingannya lebar-lebar untuk mendengarkan balasannya hihihihihihihi . . . cuman apa ya efektif dilingkungan kampus sebesar U.K Petra yang banyak gedung bertingkatnya? Kalau di kampung dan desa kentongan sepertinya masih efektif dan berguna dengan perkecuali para hansipnya memilih menggunakan sms untuk menyebarkan berita kayak iklan provider layanan telepon selular ;)

Anyway hari ini adalah hari terakhir tahun 2009 dan dalam beberapa jam kita akan memasuki tahun baru 2010. Selangkah maju ke masa depan, semoga hari akhir itu akan segera tiba dan Kentongan memberi tanda suatu pergantian waktu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar