Rabu, 03 Juni 2009

3 Minggu Bersama Speedy dan Ubuntu dan Internet

Akhirnya bulan pertama selama 3 minggu gw make Speedy lewat sudah dengan hasil gw sukses over-quota jadi gw bakal bayar lebih dari Rp.50 ribu rupiah, gataw berapa tapi mungkin hampir atau lebih dari Rp.200 ribu. Hik! Mo bayar tagihan tapi ga bisa dapatkan jumlah pastinya. dah telpon 147, 109, bahkan akses telkom.co.id tetep aja ga bisa. Alasannya karena mereka ada masalah dengan . . . tauk ah apa masalah mereka.

Dari over-quota itu gw justru menemukan cara untuk berhemat bandwith Speedy yaitu dengan menggunakan Elinks teks-web-browser. Jangan dibandingan dengan Firefox karena browser ini ga menampilkan gambar apalagi animasi segala macam. Lumayan karena seringnya gw baca-baca tanpa perli menampilkan hal-hal kosmetik yang ga perlu, toh hanya baca-baca doang seperti pas gw baca detik.com ma kompas.com.

Blog Kmandla adalah temuan yang inspiratif banget, dari tulisan dia di blog gw jadi cita-cita mau membangun kompie gw sendiri dari nol dengan hardware lawas. Selain itu gw taw lebih jauh soal Elinks dari blog ini walau sebelumnya dah aku baca soal ini di majalah InfoLinux beberapa bulan lalu. Selain itu adalagi temuan bagus di blog ini. Gw mulai hari ini mulai belajar menggunakan CPlay yang merupakan front-end sejumlah audio player dengan dijalankan dari terminal. Ringan sederhana, kayaknya jadul padahal engga dan gw suka banget!

Aneh ya sementara banyak orang nyari player musik yang canggih dan penampilannya yang wah tapi rakus memory sementara itu gw nyari sesuatu yang unusual buat pengguna kompie jaman ini. Malah gw serasa balik ke jaman dulu, make aplikasi berbasis terminal . . . Terus terang aja gw lebih merasa bangga dapat menggunakan aplikasi berbasis GUI-wah.

Oya kayaknya gw ngerti sekarang kenapa quota gw bisa sukses cepat habis dalam waktu beberapa hari saja. Pertama gw make Windows waktu itu jadi kudu update antivirus selain itu gw juga kudu download beberapa aplikasi seperti YM dan Pidgin dan beberapa lainnya. Ga heran hari pertama aja abis 150MB, Doh!

Kalau make Ubuntu, kalau butuh software apa tinggal instal dari repo Ubuntu yang gw dapetin dengan tebusan duit Rp. 60 ribu. Bayangkan 6 keping DVD berisi berbagai macam aplikasi yang kita butuhkan. Ga butuh download apalagi ngebajak. Lets see apakah bulan Juni aku bakal over-quota lagi ga ya? Kalaupun over yah jangan banyak-2 lah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar