Sabtu, 27 Juni 2009

100 Malware Terganas Yang Tidak Perlu Saya Kuatirkan

Serangan malware kian menggila. Ada begitu banyak jenis malware yang mengintai dan siap menyerang pengguna komputer. Itu sepenggal kalimat pembuka dari artikel Ini Dia Daftar 100 Malware Terganas yang saya baca di detikinet.com. Jika anda menggunakan komputer mungkin ini peringatan yang perlu diwaspadai, tapi saya koq tidak merasa terancam sama sekali.

Isi artikelnya singkat banget, hanya penjelasan kalau daftar ini merupakan malware yang beredar di Indonesia dalam kurun waktu satu minggu dari tanggal 18 – 25 Juni 2009 yang merupakan laporan dari Kapersky Lab dan selebihnya daftar 100 malware. Ada beberapa hal yang saya anggap menarik dari 100 malware yang disebutkan dalam artikel ini.

Pertama adalah 100 malware dalam waktu satu minggu. Itu berarti ada 14.2 malware baru yang muncul tiap hari (CMIIW) itu jumlah yang besar apalagi jika dihubungkan dengan fakta kedua yang saya dapati dari daftar itu. Dari malware pertama sampai malware keseratus kesemuanya adalah malware Windows. Kenapa saya bisa bilang itu malware Windows? Perhatikan bahwa semua nama malware itu ada win32. Jadi boleh saya simpulkan bahwa para pengguna sistem operasi Windowslah yang patut was-was dengan fakta ini sedangkan pengguna komputer dengan sistem operasi non Windows seperti Linux atau Mac tak perlu khawatir.

Menurut saya judul artikel ini kurang tepat, yang akurat seharusnya menjadi “Ini Dia Daftar 100 Malware Windows Terganas!”. Ini adalah satu alasan kenapa saya migrasi ke sistem operasi Linux karena saya tidak perlu kuatir soal malware, sesuatu yang tidak penting untuk diurus atau dikuatirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar