Selasa, 19 Mei 2009

AWN tanpa Desktop Effect dan Compiz

Ketika ingin mendapatkan desktop yang cantik dengan docking bar AWN kita biasanya memerlukan Desktop Effect yang telah diaktifkan terlebih dahulu. Untuk hardware lama kadang ga bisa menjalankan Desktop Effect dan tentu agak menyebalkan rasanya ga bisa punya desktop yang cantik.

Baru saja Saya menemukan jalan gimana caranya agar AWN dapat jalan tanpa perlu mengaktifkan Desktop Effect. Pertama dari Website Komunitas Pengguna Linux di Universitas Trunojoyo atau KOELIT. Disitu disebutkan sebenarnya AWN hanya memerlukan compositing manager agar dapat berjalan dengan baik dan sebenarnya Metacity (Gnome windows manager) mempunyai fasilitas tersebut, yang diperlukan hanya mengedit gconf-editor untuk mengaktifkan compositing -manager.

Yang kedua dari blognya Ahmad Haris. Yang ini lain lagi, yang dianjurkan adalah menginstall sebuah paket compositing-manager dari repo Ubuntu yaitu xcompmgr. Dari kedua tutorial diatas yang dapat berhasil berjalan di Desktop kompie saya adalah yang punya Ahmad Haris. Tapi mungkin saja hasilnya bisa berlainanya antara satu kompie dengan kompie lain makanya saya rangkum saja keduanya disini, selamat mencoba tapi resiko tanggung sendiri kalo ada apa-apa hehehehehehe . . .


AWN Dengan Metacity
  1. Buka terminal Applications - Accessories - Terminal
  2. Di Terminal ketik $ sudo gconf-editor
  3. Di Jendela cari Configuration-Editor cari Apps/metacity/general/compositing_manager.

  4. Aktifkan compositing_manager dengan cara diberi tanda centang
  5. Tutup jendela Configuration-Editor dan Terminal.
  6. Aktifkan AWN dengan cara Applications - Accesories - Avant Window Navigator (dengan asumsi AWN sudah terinstall terlebih dahulu).
Kalau cara ditas tidak jalan (munculnya pop-up windows yang menyebutkan dibutuhkan compiz untuk AWN bisa jalan) kita bisa mencoba cara berikut:

AWN Dengan XCOMPMGR
  1. Gunakan Synaptic Package Manager untuk mencari dan menginstall xcompmgr.
  2. Buka terminal Applications - Accessories - Terminal.
  3. Ketikan di Terminal $ sudo xcompmgr -c -f -n
  4. Jangan tutup Terminal dulu, kemudian jalankan AWN, Applications - Accesories - Avant Window Navigator.
  5. Kemudian buka Startup Applications dengan cara System - Preferences - Startup Applications. (Di versi Ubuntu sebelum Ubuntu 9.04 namanya Session).



  6. Di Startup Programs klik Add. Masukan xcompmgr untuk Name dan xcompmgr -c -f -n di command. Lalu klik Add.
Sebagai catatan jangan menutup terminal sampai point 6 karena seketika itu juga AWN-nya akan close. Sebagai hasilnya docker AWN menghiasi Desktop kompie-ku.

2 komentar:

  1. wah cakep ya.. AWN nya animated gak tuh mas?

    BalasHapus
  2. Anda bingung install vga di ubuntu..????
    Bagi anda yang masih bingung install vga di ubuntu, cara yang paling gampang adalah menggunakan EnvyNG.

    BalasHapus