Selasa, 26 Mei 2009

Kenapa Saya Lebih Suka Gmail Ketimbang Ymail?

Yahoo mail adalah email saya yang pertama kali saya punya. Email ini saya buat pada tahun 1998 yang lalu jadi sudah 10 tahun lebih nih. Sejak saat itu saya merasa Yahoo mail itu enak banget dipake walaupun saya punya account email yang lain seperti di Plasa.com dan di Hotmail. Dari ketiganya hanya Yahoo mail-lah yang masih exist, dan kedua email lainnya sudah lupa aku ma username ma passwordnya jadi ilang deh. Jadi kalo dah senang ma Yahoo mail koq sekarang “ga suka” lagi trus lebih prefer ke Gmail?

Alasan pertama adalah Gmail sebagai email account gratis yang pertama kali menawarkan kapasitas besar (kalo ga salah 1 GB, sekarang dah lebih gedhe lagi) yang kemudian di ikuti ma Yahoo Mail (CMIIW). Kapasitas gede perlu loh apalagi kalo kita sering ber-mail ria terutama kalo sering mengirim dan menerima attachment yang cukup besar (Photo, file data,dll).

Nah alasan kedua, yang kedua ini baru nemu setelah aku langganan Speedy di rumah. Gmail punya fasilitas POP3 yang gratis. Apa itu POP3? Sejenis Popcornkah? Maem popcorn lewat line internet? Hehehehehe . . . bukan-bukan. POP3 itu, Mmmm . . . well maap kalo gaptek tapi kalo menurut saya itu adalah fasilitas dimana kita bisa menerima/mengirim email menggunakan email-client di kompie kita seperti kalo di Windows ada MS Outlook, Kalo di Ubuntu ada Evolution dan yang multi platform ada Thunderbird dan masih banyak yang lain. Istilah kerennya adalah Pull-mail alias kita bisa menarik email kita yang ada di account Gmail kita ke kompie kita trus dibaca secara offline dan tentu bisa juga ngirim email tanpa buka account Gmail kita di browser.

Nah kalo di Yahoo Mail fasilitas POP3 ada cuman untuk menikmatinya kita kudu upgrade account gratis kita ke jenis account berbayar Yahoo Mail alias ga gratis bok!. Wah ya males lah kalo ngeluarin duit hanya untuk itu. Padahal dulu POP3 dari Yahoo Mail itu gratis loh. Mmmmm . . .

Alasan ketiga saya itu di Gmail ada fasilitas namanya grouping email (tapi ini istilah saya bikin sendiri loh, hehehehehehehehe . . .saya gataw istilah sebenarnya). Nah dengan fasilitas ini tiap thread yang sama akan digabung jadi satu. Singkatnya misalnya kita email ke si A hari senin trus di balas hari rabu maka kedua email ini akan disatukan dan akan ditempatkan di tempat atas tiap kali ada balasannya, ribet ya ngejelasinnya! :p Coba kalo di Yahoo Mail, saya kudu susah payah scroll up-and-down untuk email-email yang berbalas kayak gini, ribet!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar