Kamis, 15 April 2010

GIMP: Fotografi Multi-Exposured Dengan GIMP

Dalam fotografi dikenal istilah Multi Exposure dimana ketika sebuah film diberi exposure lebih dari sekali. Saya sangat berminat melakukan hal yang sama dengan menggunakan kamera Kodak C713. Saya cukup tahu sedikit triknya dan sudah pernah menyobanya bahkan menguploadnya di blog ini (baca cerita hantu ini). Karena satu lain hal saya belum sempet membuat tutorial GIMP-nya sampai minggu lalu saya sukses dengan sesi pemotretan. Dan pagi tadi saya sukses mengetik tutorial beserta screenshotnya. Berikutnya adalah hasilnya:





Berikut step by step di GIMP:


Step One - Open Up An Image

Bukalah sebuah photo File - Open (Ctrl+O), yang saya pilih pertama adalah "saya membaca".



Step Two - Open As Layers

Kita akan membuka photo kedua diatas photo pertama kali ini dengan cara File - Open As Layers (Ctrl+Alt+O). Yang saya pilih photo "saya menghadap lemari"



Step Three - Add Layes Mask

Pilih Layer kedua (photo kedua) lalu Layer - Mask - Add Layer Mask.





Step Four - Brush Tool

Pilih Paint Brush Tool (P) di Toolbox. Setting Brush=Circle Fuzzy (76), Scale=4 (scale dapat diubah sesuai kebutuhan). Gunakan Zoom Tool (Z) jika dibutuhkan.


Perlahan sapukan brush di area dimana "saya membaca" berada. Sebisanya hanya area itu yang disapu brush. Cara mudahnya ubah opacity layer kedua menjadi nol sehingga yang terlihat hanya layer background saja.

 Dengan brush, sedikit demi sedikit Obyeknya akan muncul.

 Jangan lupa sapukan brush ke kaca meja di depan "saya membaca" karena akan mengembalikan bayangan. Bayangan ini akan membuat hasilnya lebih nyata.



Step-Five - Redo Step Two and Step Three and Step Four

Kita akan membuka photo ketiga "saya jempol" lalu memberinya layer mask sama seperti step dua dan tiga. Lalu membrushnya "saya membaca" dan "saya menghadap lemari" sama seperti step Four.


Ini adalah hasil akhirnya, mudah bukan?! ;)

1 komentar:

  1. Great tutorial for cloning! I appreciate that you used the free photo editor GIMP to teach as well. Everyone can use GIMP!

    Nicely done.

    BalasHapus