Sabtu, 17 April 2010

GIMP: Cara Mudah Menciptakan Depth of Field Pada Photo

Salah satu trik fotografi yang saya kenal adalah Depth of Field yang singkatnya kamera fokus pada sebuah obyeknya sedangkan backgroundnya blur atau tidak fokus (cmiiw). Biasanya trik ini dengan mudah dilakukan dengan menggunakan kamera SLR atau DSLR tetapi akan sangat sulit atau mustahil dengan kamera point n shoot seperti Kodak C713 punya saya. DOF dapat didapatkan post prosecessing dengan image manipulation program seperti GIMP.

Untuk tutorial ini saya menggunakan photo keponakan saya seperti dibawah ini:


Berikut cara membuat efek DOF di GIMP:

Step One - Open Up An Image

Bukalah sebuah photo yang akan kita beri efek deep of field (Ctrl+O).



Step Two - Duplicate Background Image

Duplikat layer photo yang baru saja kita buka di GIMP. Caranya Shift-Ctrl-D.



 Step Three - Unsharp Mask

Pada layer background copy akan kita pertajam gambarnya dengan Unsharp Mask. Caranya Filters - Enhance - Unsharp Mask.



Step Four - Duplicate Background copy layer

Caranya sama dengan step dua.



Step Five - Gaussian Blur

Pada layer Background copy #1 akan kita blur dengan Gaussian Blur. Caranya Filters - Blur - Gaussian Blur.


Step Six - Layer Mask

Beri layer Background copy#1 layer mask. Caranya Layer - Mask - Add Layer Mask.



Step Seven - Paintbrush Tool

Pilih Paintbrush tool di toolbox atau P. Secara perlahan sapukan brush hanya pada obyek anak dan obyek anaknya akan kembali jelas. Gunkan Zoom tool terutama pada bagian tepi obyek agar terlihat jelas tepiannya.



 Before


 After

1 komentar:

  1. Salam Mas Roland,
    Mas saya ini biasa ngedit foto/gambar dengan Photoshop (karena belum mampu beli yang ori, saya pake yang bajakan. hehe). Sebenarnya saya sudah lama tahu Gimp, tapi sayangnya belum pernah menggunakannya (keenakan pake photoshop mungkin. hehe).

    Berkenaan dengan Gimp ini, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan sama Mas Roland:

    1. Apa kelebihan Gimp atas Photoshop (selain open source tentunya)?
    2. Apakah semua desain foto yang dihasilkan Photoshop bisa juga dihasilkan dengan Gimp?
    3. Apakah mudah mengoperasikan Gimp?

    Demikian beberapa pertanyaan saya (mohon maaf apabila terdengar sangat newbie). Atas jawaban Mas Roland, saya haturkan banyak terima kasih. :)

    BalasHapus