Senin, 29 Maret 2010

GIMP: Mengatasi Underexposured Dengan Blend Mode: Screen

Permasalahan yang kadang kala terjadi ketika saya menggunakan kamera digital adalah photo yang dihasilkan underexposured. Bayangkan obyek yang kita potret gelap karena kurang cahaya seperti photo saya dibawah ini:



Lalu bagaimana caranya mengatasinya? Membuang photo itu? Tentu saja tidak. Ada cukup banyak cara mengatasi photo yang underexposured dengan menggunakan GIMP. saya akan menunjukkan cara yang agak tidak konvensional dan sederhana dalam tutorial GIMP ini. Berikut caranya:


Open-Up Image

Bukalah Image yang akan kita koreksi lalu jangan lupa di duplikat Shift+Ctrl+D




Layer Blending Mode: Screen

Pastikan layer Background copy terpilih lalu ganti Mode=Normal (1) menjadi Mode=Screen (2).



Seperti bisa dilihat di photo dibawah, obyek photo yaitu saya (ehem!) terlihat lebih terang dari sebelumnya.



Jika hasilnya masih kurang memuaskan kita bisa menduplikat Layer background copy sekali atau beberapa kali sampai hasilnya kita anggap cukup. Berikut hasilnya ketika saya menduplikat background copy 1x.


Mudah bukan?! ;)

Tutorial ini dibuat dengan GIMP 2.6.1 diatas Crunchbang Linux.







Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar