Rabu, 28 April 2010

Langit Sore



Ini adalah langit senja menjelang malam dilihat dari rumah saya belum lama ini. Seperti dapat dilihat matahari sudah tak tampak lagi tetapi jejaknya masih tampak di awan jaun disana. Matahari, awan hujan, senja hari sering kali merupakan kombinasi spektakuler pemandangan indah. Ada istilah waktu golden moment (cmiiw) dimana suatu tenggang waktu tertentu merupakan saat paling sip untuk mendapatkan hasil fotografi yang bagus. Salah satunya terjadi mulai dari jam 4 sore sampai kurang lebih 1/2 6 sore (ini menurut saya) atau ada yang bilang dari jam 3 sampai 5 sore.

Kamera Kodak C713 disetting dengan iso 200 tanpa menembakkan lampu flash. Settingan ISO semakin tinggi akan membuat jumlah cahaya yang diterima sensor meningkat tetapi dengan kompensasi jumlah noise-nya akan meningkat dengan sangat drastis. Sepertinya saya harus kompromi dengan kondisi ini apalagi senjata saya Kodak C713 ini sangat lemah sensornya untuk kondisi rendah cahaya. Pada kondisi seperti senja hari menembakkan flash untuk mendapatkan gambar seperti diatas adalah bencana. Sudah pasti bagian langitnya akan gelap-gulita. Jangan lakukan itu apalagi dengan kamera pocket digital kelas entry-level (saya gatau dengan DSRL tapi kalau ga salah hasilnya sama)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar