Kamis, 18 Maret 2010

GIMP: Mengubah Photo Menjadi Vintage-Look

Saya termasuk orang yang senang membuat efek photo Vintage. Efek Vintage membuat sebuah photo seolah-olah merupakan photo tua, diambil berpuluh tahun lalu. Efek photo Vintage look ini dapat dibuat dengan cepat dan sederhana. Berikut caranya di GIMP:


Open-up Image

Bukalah sebuah photo di GIMP. Untuk tutorial ini saya memakai sebuah photo iring-iringan orang Bali yang akan mengadakan upacara di sebuah tempat di Sanur, Bali.


3 New Layer

Buatlah 3 layer baru diatas background layer.

Shift-Ctrl-N

Ganti nama layer pertama menjadi 1, layer kedua menjadi 2, dan layer ketiga menjadi 3. Layer Fill Type=Transparent. Klik Ok.


Bucket Fill Tool

Pastikan layer 1 terpilih lalu ubahlah warna foreground. Caranya klik foreground lalu ubahlah HTML Notation=f3e468. Klik Ok.

 Foreground Color




Pilihlah Bucket Fill dengan cara mengklik ikon ember tumpah di toolbox atau Shift+B. Aplikasikan Bucket Fill Tool pada layer 1. Ubahlah Layer Mode=Multiply dan Opacity=60

Bucket Fill Tool

Pilih layer 2, ubahlah foreground dengan HTML Notation=c85699 lalu dengan Bucket Fill tool aplikasikan pada layer 2. Ubah Layer Mode=Screen, Opacity=25.

Pilih layer 3, ubahlah foreground dengan HTML Notation=174acd lalu dengan Bucket Fill tool aplikasikan pada layer 3. Ubah Layer Mode=Screen, Opacity=17.

Maka hasilnya menjadi photonya memiliki efek Vintage Look:

Vintage Look Photo




Sebagai tambahan, imagenya saya flaten lalu dengan Curve saya edit sedikit:

Curve

Dan hasilnya sebagai berikut:

Vintage Look Photo With Curve Tool



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar