Senin, 15 Maret 2010

GIMP: Mengganti Warna Mata Tanpa Kontak Lens Dengan GIMP

Saya masih ingat dulu pernah menulis artikel tentang menganti warna iris mata di blog lama saya yang dah ga pernah di update lagi. Saat itu saya menggunakan Photoshop CS. Bagaimana dengan GIMP? Tentu saja di GIMP pun hal ini bisa dilakukan. Lagi-lagi saya menggunakan diri sendiri sebagai model "mata", hehehehehehehehe . . . Berikut caranya mengganti warna iris mata di GIMP:



Open-Up Image

Jangan lupa untuk melakukan duplikat layer dengan Shift+Ctrl+D




Selection With Free Select Tool & Feather

Pilih tool Free Select atau F keyboard lalu lakukan seleksi pada area mata yang akan di ganti warnya seperti contoh gambar.




Lalu Feather dengan Select - Feather. Gunakan saja standar 5px lalu klik Ok.



Mewarnai Dengan Colorize

Color - Colorize


Pada Select Color kita mendapati tiga opsi yaitu Hue, Saturation, dan Lightness.

Hue: Pengubahan warna mata terjadi pada opsi ini. Ketika nilai Hue kita ubah menjadi 0 maka warna iris mata akan menjadi merah. Ketika nilainya 180 akan menjadi hijau muda sedangkan jika slider kita tempatkan di sudut paling kanan atau 360 maka warna iris akan menjadi merah lagi. Kita bisa mengubah ke warna lain yang kita inginkan dengan menggerakkan slider ke kiri atau kekanan.

Saturation: Nilai saturation mulai dari 0 sampai 100. Yang menarik adalah ketika nilai saturation menjadi 0 adalah warna iris mata berubah menjadi abu-2 atau Black & White. Standar saturation adalah nilai 50. Semakin ke kanan sampai nilai 100 maka semakin jelas detail pada iris mata.

Lightness: Opsi ini memiliki pilihan nilai -100 sampai dengan 100. Bertugas untuk mengatur gelap terang iris mata. Ketika nilainya -100 maka warna mata berubah full black, seakan-akan seperti di fill dengan warna hitam. Hal sama terjadi pada nilai 100. Warna iris mata kali ini menjadi full putih. Sesuatu yang tidak kita inginkan. Pergeseran slider Lightness tidak extrem, biasanya hanya beberapa poin ke kekiri atau kekanan dari standarnya nilai 0.

Mari bereksperimen. Saya menginginkan warna mata saya berubah sedikit biru kehijauan. Detail iris lebih jelas dan warnanya agak sedikit lebih gelap.


Mata Hijau

Bagaimana dengan iris mata biru? Berikut settinganya.


Mata Biru

Atau iseng-iseng punya mata ungu ya? Apa ada orang matanya ungu? atau kontak lens ungu? Kalau pake GIMP bisa koq.


Mata Ungu

Mudah bukan?! Cuman seingat saya, dulu saya pernah coba untuk mengubah mata orang yang berwarna hitam menjadi berwarna tapi gagal. Saya belum pernah melakukannya di GIMP tapi rasanya juga pasti ga bisa deh.



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar