Kamis, 11 Maret 2010

GIMP: Cara Mudah Mengubah Photo Berwarna Menjadi B&W Dengan Desaturate

Secara kamera digital saya memiliki mode untuk menghasilkan photo B&W alias photo hitam putih tetapi saya pribadi enggan menggunakannya. Alasannya pertama lebih mudah mengubah photo berwarna menjadi hitam putih tetapi tidak dengan cara sebaliknya photo hitam putih menjadi berwarna dengan menggunakan GIMP atau software sejenis. Itu akan memberikan extra kerja yang tidak menyenangkan dan sering kali hasilnya kurang memuaskan. Alasanya kedua adalah setting B&W di kamera sudah bawaan dari pabrik dan tidak bisa diutak-atik sedangkan dengan GIMP bisa. Salah satu cara tercepat mendapatkan hasil photo hitam putih adalah menggunakan Desaturate. Berikut caranya:

Open Up Image

Dan jangan lupa untuk melakukan duplikat Shift+Ctrl+D




Use Desaturate

Color - Desaturate


Window Desaturate berisi 3 opsi shade of gray, pertama adalah Lightness lalu Luminosity dan Average. Lightness biasanya menghasilkan shade of gray paling gelap dan sebaliknya dengan Luminosity hasilnya paling terang sedangkan Average shade of gray-nya berada diantara keduanya.

Menurut GIMP help file penjelasan 3 opsi Lightness, Luminosity dan Average sebagai berikut:


Lightness

    The graylevel will be calculated as
    Lightness = ½ * (max(R,G,B) + min(R,G,B))

Luminosity

    The graylevel will be calculated as
    Luminosity = 0.21 * R + 0.71 * G + 0.07 * B

Average

    The graylevel will be calculated as
    Average Brightness = (R + G + B) / 3

Saya sendiri kurang paham dengan penjelasan GIMP help diatas tapi singkatnya jika mengingingkan hasil yang gelap gunakan Lightness sedangkan yang terang pakailah Luminosity sedangkan hasil ditengah-tengah keduanya gunakan saja Average.

Desaturate Opsi Lightness

Desaturate Opsi Luminosity

Desaturate Opsi Average

Tidak ada komentar:

Posting Komentar