Sabtu, 28 November 2009

Install & Update Offline Clamav


Jika anda membaca tulisan saya sebelumnya Virus-virus Windows Menjengkelkan saya benar-benar jengkel dengan virus Windows yang bolak-balik nongol di flashdisk saya. Dengan rasa enggan sekaligus keinginan-tahuan yang cukup besar apakah file-file misterius itu virus atau bukan saya memutuskan untuk menginstal Clamav atau Clam Antivirus dari repo Ubuntu 9.04. Memang Clamav versi repo ini 6 bulan lawasnya tapi itu bisa diatur dengan cara mengupdate virus signaturenya alias di update. jadi sebelum menginstal pertama-tama saya mengunduh main.cvd dan daily.cvd dari situs resmi Clamav.

Pertama yang kita lakukan adalah menjalankan Synaptic Package Manager

System - Administration - Synaptic Package Manager

Dikotak Quick Search ketikkan kata kunci Clamav lalu tandai paket Clamav dan jika ingin Clamav memiliki antar muka GUI, tandai juga Clamtk (ini juga berguna jika ingin meng-update virus signature secara online). Setelah proses instlasi selesai sekarang saat update Clamav.

Karena saya tidak punya koneksi internet di rumah maka saya pergi ke warnet untuk mengunduh main.cvd dan daily.cvd terbaru yang saya taruh di folder update-clamav di flashdisk. Update offline ini cukup "brutal" karena tidak dilakukan secara otomatis tetapi secara manual. Pertama jalankan Terminal dan masuk sebagai root.

Applications - Accessories - Terminal

Lalu ketikkan:

$ sudo su

Dan masukkan password anda. Lalu kita akan masuk ke folder dimana file main.cvd dan daily.cvd yang lama yang berada di /var/lib/clamav.

$ cd /var/lib/clamav

Gunakan perintah ls untuk melihat isi folder Clamav.

$ ls
daily.cvd main.cvd

Kalau tidak yakin kita bisa menggunakan perintah mv (move) dengan memindahkan kedua file ke tempat lain (misalnya ke desktop) dan bila perlu direstore ke tempatnya semula atau bisa juga langsung saja dihapus dengan perintah rm (remove).

$ mv daily.cvd main.cvd /home/roland.Desktop

atau

$ rm daily.cvd main.cvd

Sekarang kita akan memindahkan file main.cvd dan daily.cvd terbaru yang ada di flashdisk ke /var/lib/clamav.

$ cd /media/Transcend/update-clamav

Untuk memindahkan kedua file tersebut kita bisa gunakan perintah cp untuk copy dimana kedua file tersebut ada di folder sumber dan folder tujuan atau gunakan perintah mv (move) yang sama seperti cut-paste.

$ cp daily.cvd main.cvd /var/lib/clamav

atau

$ mv daily.cvd main.cvd /var/lib/clamav

Jalankan perintah berikut untuk melihat apakah Clamav sudah mengenali ter-update.

$ clamscan -V
ClamAV 0.95.1/10079/Thu Nov 26 12:55:07 2009

Note: Untuk update harian cukup unduh saja daily.cvd sedangkan main.cvd hanya perlu di update ketika Clamav merilis main.cvd terbaru dilihat dari tanggal rilisnya. Untuk membandingkan perintah clamscan -V dapat dijalankan setelah proses install yang kemudian bisa dibndingkan setelah proses update selesai. Nah Ubuntu saya sudah dipasangi antivirus dan telah ter-update :)








1 komentar:

  1. great works!!

    thanks for share!!

    really helpfull..!!

    BalasHapus