Kamis, 19 November 2009

Split dan Join File di Ubuntu

Beberapa waktu lalu kebetulan saya ingin mengirimkan sebuah file pdf yang kita sebut saja sebagai linux101.pdf kepada seorang teman. Karena teman saya itu berada di kota lain saya mengirimkannya lewat email. Sayangnya file pdf tersebut berukuran cukup besar, sekitar 13MB dan gmail membatasi file yang bisa upload tidak lebih dari 10MB/filenya. Jadi bagaimana solusinya?

Hal ini dapat diatasi dengan cara memecah file pdf tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, dikirimkan lewat email lalu disisi lain (yaitu teman saya) file-2 tersebut akan disatukan kembali, istilahnya split & join file.

Sebelum melakukan split & join, pertama saya menempatkan file pdf tersebut di flashdisk (memudahkan saya untuk membawanya ke warnet) dalam folder belajar. Untuk memudahkan proses upload agar lebih cepat maka file pdf tersebut akan dipecah per filenya seukuran 5MB sehingga hasil akhirnya ada 3 file pecahan.

Pertama kita jalankan program terminal:

Applications - Accessories - Terminal

Kemudian masuk ke tempat dimana file linux101.pdf berada:

$ cd /media/Transcend/belajar

Note: Transcend adalah nama flashdisk saya dan belajar adalah nama folder dimana file linux101.pdf berada, gunakan perintah ls untuk mengecek isi folder belajar, perintah ini optional jadi tidak dijalankan juga tidak apa-apa.

$ ls

lalu kita akan membuat md5sum dari file pdf tersebut, gunanya untuk membandingkan file pdf sebelum di split dan file pdf setelah di join apakah identik atau tidak.

$ md5sum linux101.pdf > md5sum.txt

Note: gunakan perintah ls untuk mengecek apakah file md5sum sudah ada di folder belajar. Kalau file md5sum.txt ada di folder belajar gunakan perintah berikut untuk melihat isi file txt itu

$ cat md5sum.txt

Sekarang kita masuk kebagian utama, melakukan split file pdf.

$ split -d -b 5m linux101.pdf linux101.pdf.part

opsi 5m= 5 megabyte adalah besaran file yang diinginkan, jika kita ingin membaginya perfile= 3 megabyte maka tinggal mengganti nilai 5m menjadi 3m . . . gunakan perintah ls untuk melihat isi folder belajar. kita mendapat isinya bertambah sekitar 3 file baru.

Skenarionya berubah, katakanlah saya sudah pergi ke warnet dah mengirimkan ke-3 file pdf itu ditambah file md5sum.txt. Dan sekarang kita berperan sebagai teman saya sebut saja namanya Joni. Untuk itu saya akan menghapus file asli linux101.pdf agar memudahkan proses penyatuan kembali ke-3 file pdf tersebut.

$ rm linux101.pdf

Gunakan perintah ls untuk melihat apakah file original sudah terdelete. Nah sekarang kita siap membantu Joni melakukan join ke-3 fle pdf itu.

$ cat linux101.pdf.part00 linux101.pdf.part01 linux101.pdf.part03 > linux101.pdf

Sekali lagi gunakan perintah ls untuk melihat isi folder belajar . . sekarang ada file linux101.pdf . . . berikutnya dengan file md5sum.txt kita akan bandingkan apakah file pdf itu sebelum di split dengan file pdf setelah join identik.

$ md5sum -c md5sum.txt

Kalau hasilnya Ok! maka proses join berhasil.

Note: sebagai opsi untuk menghapus file-2 split dan file md5sum.txt bisa gunakan perintah rm

$ rm linux101.pdf.part00 linux101.pdf.part01 linux101.pdf.part03 md5sum.txt
Screenshot Terminal




Tidak ada komentar:

Posting Komentar