Senin, 10 Mei 2010

5:30AM Pigeons

 Kodak C713

Selama beberapa waktu ini saya mulai rajin untuk olah raga pagi dengan jogging. Biasanya saya memulainya dari jam 5 dan berakhir sekitar jam 6. Salah satu hal menarik bagi saya tiap pagi adalah melihat orang-orang yang mulai beraktifitas sepagi itu. Ada yang berolah-raga seperti saya atau ada yang sibuk cuci kendaraan mereka untuk dipakai hari itu atau sekedar berbersih halaman rumah. Anyway selain aktifitas manusia pagi itu demikian juga aktifitas binatang.

Tak jauh dari rumah saya ada pagupon omahe doro alias pagupon rumahnya burung dara. Pagupon milik tetangga saya itu merupakan rumah bagi puluhan burung dara. Tak kalah dengan manusia, tiap paginya mereka pun sibuk memulai harinya. Apa yang membuat saya khususnya tertarik dengan mereka?

Ketika saya mulai jogging jam 5 pagi. Paguponnya sepi sekali. Tak seekor pun merpati terlihat, suaranya pun tidak terdengar. Saat itu langit masih cukup gelap walaupun mulai terlihat secercah cahaya di timur. Tetapi biasanya ketika jarum jam menyentuh kurang lebih pukul 5.30 ketika cahaya matahari pagi semakin terang, saya mulai mendengar suara kur-kur burung merpati yang khas itu. Satu persatu burung-burung merpati itu keluar dari pagupon dan mulai bertengger di kabel listrik persis dekat pagupon.

Selain waktu keluar pagupon yang tampaknya tepat waktu saya melihat hal yang menarik lainnya. Ketika bertengger entah di kabel listrik atau diatas pagupon, mereka selalu menghadap timur, menghadap matahari pagi. Seakan-akan mereka sun-bathing di pagi hari. Keren ya?! Menurutmu apa gunanya burung-burung merpati ini sun-bathing di pagi hari? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar