Kamis, 18 Februari 2010

GIMP: Merapikan Photo Yang "Miring" Dengan Arbitrary Rotation

Kadang kala saya menemukan salah satu photo yang saya ambil dengan kamera digital agak mencong alias miring. Untuk membetulkannya dengan GIMP sebenarnya sangatlah mudah. Berikut caranya:

Step 01

Bukalah photonya di GIMP. Saya menggunakan photo pulau Bali ini yang saya ambil dari sisi Banyuwangi ketika saya dalam perjalanan kesana tahun 2008.


Step 02

Pilih tool Move atau tekan saja keyboard M


Step 03

Posisikan mouse ke atas penggaris yang ada di bagian atas bidang kerja. Klik tombol mouse kiri lalu drag ke bawah. Sebuah garis bantu tipis akan muncul. Letakkan di bagian antara daratan dan air seperti di gambar ilustrasi. Kita bisa melihat bagian kanan daratan sedikit naik keatas, ini yang akan disejajarkan.


Step 04

Sekarang waktunya melakukan rotasi. Klik Layer-Transform-Arbitrary Rotation. Kita akan menggunakan Angle. Gunakan up-down arrow Angle untuk melakukan penyesuaian rotasi. Biasanya tiap klik menghasikan perubahan 0.10 derajat selain itu kita bisa memasukkan nilai derajatnya secara manual. Dalam photo ini saya mencapai angka 0.80 untuk mencapai hasil yang diinginkan. Klik Rotate jika sudah selesai. Untuk merapikan hasil rotasi kita bisa mengcrop photo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar