Senin, 08 Februari 2010

5 Menit Kelar @ Samsat

 
SAMSAT Manyar



Baru tadi pagi saya pergi ke Samsat di Jalan Manyar Kertoarjo untuk membayar pajak tahunan motor Honda Supra S. Yang cukup suprise buat saya ternyata layanan Samsat Drive Thru sekarang selain melayani kendaraan rodah empat juga melayani kendaraan roda dua. So dengan senang hati pagi tadi saya mencobanya, konon katanya layanan ini mempercepat waktunya pembayaran pajak STNK tahunan. Sebenarnya seberapa cepat siy dan bagaimana layanannya dibandingkan dengan cara reguler?

Pertama enaknya dari layanan ini kamu ga perlu turun dari kendaraan dan ga perlu parkiran kendaraan. Semuanya dilakukan tanpa perlu meninggalkan kendaraan. Jadi sama kayak layanan drive-thru beberapa gerai makanan cepat saji. Yang perlu dibawa adalah BPKP asli, STNK asli, KTP asli dan jangan lupa bawa juga kendaraan yang mau diurus. Kalau nomer plat kendaraan ma nomer yang ada di STNK ndak cocok ya ndak bakalan dilayani.




Diloket pertama kamu bakal dimintai BPKP asli, STNK asli, dan KTP asli. Sama petugasnya bakal diverikasi apakah STNK ma kendaraannya cocok atau engga secara visual lalu dicarikan datanya di komputer. Kalau cocok trus ma petugasnya STNKnya di dikeluarkan dari beungkus plastiknya. Lalu BPKP, STNK, ma KTP discan pake scanner. Bagus banget jadi ga perelu fotokopi dean buang-2 kertase.

Dari situ BPKB ma KTPnya dibalikin ke kita sedangkan STNKnya pindah ke meja dua. Disana STNKnya distempel ma dicatat secara manual di dalam sebuah buku besar. Setelah itu STNKnya masuk ke loket dua. Disini kamu disuruh bayar pajak dan setelah itu mendapat STNK asli dengan bukti pembayarannya plus dapet bungkus plastik STNK (for free?)

Seluruh proses diatas cuman butuh waktu kurang dari 5 menit. Ini jauh lebih cepat dari cara biasa yang kalau sepi makan waktu 15 menit dan kalau rame bisa sampai 30 menit. Petugas yang melayani juga hanya 3 orang. Dibandingkan proses biasa yang dikerjakan setidaknya sampai 8 orang.

Soal waktu pengerjaan Samsat menurut saya perlu diacungi jempol deh. Dalam beberapa etahun belakangan ini mereeka sudah menyederhanakan kebanyakan proses yang ada di sana. Saya masih ingat dulu kalau ngurus pajak tahunan butuh waktu ampe 1.5 jam sedangkan ganti STNK lima tahunan butuh waktu sampai 2 jam. Belum lagi kudu membuat fotokopian BPKP, STNK, ma KTP sampai rangkap 3 dan tidak lupa map. Berpa banyak sampah yang dihasilkan untuk proses ini tiap harinya? Makanya ga heran calo begitu merajalela. Sepertinya lebih banyak calo daripada orang yang ngurus sendiri pada waktu itu.

Sekarang dah beda banget. Gada yang namanya fotokopian, yang jadi sampah hanya sebuah map dan sebuah formulir putih untuk pernyataan kalau kendaraannya tidak ada perubahan. Kalau bingung mau ngapain di SAMSAT bisa tanya ma petugas khusus yang ditugaskan membantu para pembayar pajak, gratis dan dibantu sampai selesai, ga perlu ngeluarin duit buat calo deh. Waktu pengerjaan juga bakalan kelar dalam waktu 30 menit (sesuai dengan janji Samsat yang terpampang di papan) untuk bayar pajak tahuanan dan untuk ganti STNK tiap 5 tahun paling lama cuman 60 menit. Kalau mau cepat dan bawa kendaraan sendiri kenapa tidak coba Samsat Drive-Thru seperti yang saya cerita diatas?

Kalau semudah ini apa masih ada yang butuh Calo?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar