Selasa, 23 Februari 2010

GIMP: Membuat Frame Photo Sederhana Dengan GIMP

 Akhir-akhir ini saya senang memberi frame pada photo terutama untuk yang akan saya upload ke akun facebook saya. Tujuannya agar tampilan photo tampak lebih bagus, dalam tutorial ini saya ingin menunjukkan caranya membuat frame photo sederhana di GIMP.  Berikut caranya.


Step 01

Bukalah sebuah photo di GIMP.


Step 02

Duplicate layer background



Step 03

Image – Canvas Size.

Pertama yang kita lakukan adalah break tanda gembok antara Width dan Height dengan cara mengkliknya tanda gembok sekali.


Yang kedua, yang ingin saya lakukan adalah menambah width sebanyak 100 pixel yang nantinya akan dibagi 50 pixel untuk sisi kiri dan 50 pixel sisi kanan photo. Jadi nilai width yang 3056 px kita rubah menjadi 3156 px.


Yang ketiga, sama seperti diatas kita akan merubah nilai height tetapi nilainya lebih besar yaitu 400 px dengan rincian 50 px untuk atas dan sisanya 350 px untuk sisi bawah photo. Jadi nilai width yang 1720 px kita rubah menjadi 2120 px lalu klik tombol Center.


Offset yang tadinya kosong sekarang telah berubah. Nilai offset x=50 dan y=200. Karena sisi atas dan kanan kirinya harus sama maka nilai offset y=200 kita rubah menjadi y=50 lalu tekan Enter. Setelah selesai kita klik Resize.

Step 04

Pastikan gambar Background terpilih dengan cara mengkliknya sehingga berubah warna menjadi kuning. Buat layer baru dengan cara klik ikon New Layer.


Pada Layer Fill Type pilih Foreground (Pastikan warna foreground adalah hitam) lalu klik Ok. Sekarang kita sudah berhasil membuat frame photo sederhana dengan GIMP.



Hasilnya seperti ini:


Dengan frame warna putih:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar