Minggu, 27 Juli 2008

Not For Indonesian

Kalo kita niy pergi ke daerah wisata pake kendaraan sendiri siy sepertinya enak banget, mo kemana-mana ga perlu bingung nyari tranportasinya ato kalo ikut tur ya, enak banget. Tapi gimana kalo kitanya pergi ke daerah wisata tapi kesana naek pesawat terbang ato bis ato kereta api ya? Kalo dah nyampe di bandara/terminal/stasiun mesti nyari transport ke hotel trus kalo ke mana-mana kudu nyari kendaraan dulu, agak ribet deh.

Misalnya aja baru-baru ini gw ke Jogja buat liburan 3 hari disana. Naik Taksi minimal keluar 15 ribu pe 25 ribu sekali jalan, naik becak juga ga murah secara kita bertiga jadinya pasti pake 2 becak. Kalo mo sewa mobil, walah ga murah juga . . . sejamnya sekitar 50 ribu, sehari? Wah ga banget deh . . . mending duitnya dibuat beli-beli barang di Malioboro. Nah alternatifnya sewa motor kayak waktu di Bali tahun kemarin dan murah trus bisa dibuat blusukan kemana-mana, asik kan?

Nyari motornya ga repot-repot amat, karena kitanya nginap di daerah Prawirotaman, ga jauh dari hotel kita nginap banyak persewaan mobil ma motor . . . eng-ing -eng gw mulai hunting motor.

Persewaan pertama, kayaknya belum buka tapi di depan ada dua motor Vespa modif keren abis. Gw ketuk pintunya beberapa kali trus ada cewek keluar, kayaknya baru bangun tidur niy, hahahahahaha...gw nanya soal nyewa motor tapi jawabnya dah abis disewa. . .ah! Gapapa deh nyari aja yang lain . . .persewaan kedua . . . maaf mas dah habis . . . gitu jawabnya . . .gw cuman manggut-manggut aja, mungkin gi banyak tamu buleeee ya makanya abis . . .

Waktu mo nyampe ke persewaan ketiga gw di ketemu ma seorang tukang becak yang nawarin jasanya tapi gw tolak karena gw bilang ke dia mo nyewa motor. Nah tukang bcak niy bilang kalo sewa motor tuh sulit banget . . .so gw berhenti untuk mendengarkan dia, info apa ya? Trus aku tanya mang sulitnya apa Pak? Dia bilang kalo orang indonesia tuh sulit sekali sewa motor karena dah sering kejadian sepeda motor yang disewa hilang, digadaikan atau mesinnya diganti. Kalo Bule yang sewa ga masalah tapi orang indonesia pasti sering bermasalah.

Gw cuman manggut-manggut sekaligus kesel juga koq ginih jadinya ya . . .mo sewa aja jadi susah gini. Trus gw bilang dulu pas di Bali gampang banget sewa motornya, ga ribet, ga ada masalah. Tukang becak jawab kalo di Bali gampang karena motornya ga mungkin keluar pulau trus STNK-nya ada stempel khusus jadi ga mungkin ilang . . .kalo di Jogja, motornya mau dibawa pe Jakarta bisa jadi makanya riskan sekali tapi kalo Mas mau nyoba . . .demikian kata tukang becak, silahkan aja nanya lagi tuh disana ada persewaan motor pasti jawabnya habis disewa walaupun sebenarnya ada. Sekitar 20 meter lagi ada persewaan motor, tapi gw ragu-ragu apa perlu ya nanya lagi . . .akhirnya gw balik ke hotel dengan tangan hampa dan perasaan mendongkol.

Sejam kemudian Bokap yang dah pengen banget nyewa motor ngajak gw untuk pergi nyari persewaan motor walaupun dah ku bilang persewaan motor ga mau nyewain motornya. Tapi mungkin kalo liat tampang bokap dah berumur persewaannya mo minjemin motornya kali ya. Setelah nanya ke pihak hotel yang merekomendasi sebuah gang full dengan persewan motor trus kita berangkat naik becak, ga jauh siy dari hotel, paling gang itu cuman 500 meter dari hotel.

Yang pertama, kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya. . .maap sudah habis pak disewa, itulah lagu yang kita sering denger, the same old song. . .sepertinya dah ada kesepakatan diantara para penyewa motor kalo ma orang Indonesia jawabnya kudu seperti itu untuk menolak. . .bisa jadi habis seperti yang mereka bilang tapi tukang becak yang aku cerita tadi itu bilang kalo tamunya bule walaupun sudah abis pasti dicarikan, jadi kesimpulannya???

Yang terakhir ada penyewa yang cukup baik hati menceritakan ma kita kenapa mereka menolak, ada sekitar 8 motor hilang selama 5 tahun terakhir ini dan semuanya dilakukan oleh penyewa orang indonesia makanya mereka jadi kapok. Kalaupun kita tetap ingin nyewa motornya, kita kudu mau kasih uang jaminan yang besar sekali, sekitar 4 juta per motor . . .What t H***!!!

4 Juta?!! Itu mah sama aja dengan beli motor bekas, trus itu juga satu motor, lah kita mau sewa 2 motor makanya jadi 8 juta, dan itu harus duit tunai? Beh! Sapa yang mau.

Kita coba sewa motor di jalan Pasar Kembang, katanya disana lebih gampang sewanya...makanya kita naik bus ke sana. Yang pertama ga banget, karena motornya sisa 2 trus dah motor tua, satu Honda satunya lagi Mocin. Yang kedua motornya masih gres tapi ada uang jaminannya . . .1.5 Juta per motor. Wah mikir deh, keluar 3 Juta untuk jaminan? Males banget. Akhirnya kita nyerah aja, balik ke hotel dengan perasaan jengkel.

Ini niy, ibarat Nila setitik susu sebelanga rusak semua, gara-gara ulah segelintir orang, semuanya kena batunya. Enakan di Bali ya....ke Bali yuk?! Yuuuuuuuuuuuk mari ;))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar