Senin, 06 September 2010

Ngisi MP3 Player Dengan CDPARANOIA dan LAME

Beberapa bulan ini saya mempunyai rutin pagi yang baru, jogging! Nah selain bikin badan sehat juga . . . ehem bisa untuk menurunkan berat badan saya yang agak berlebih. Untuk menemani pagi saya yang indah dengan berjogging ria saya akhirnya membeli sebuah mp3 player mungil dengan kapasitas 2GB. Dan apa artinya sebuah player tanpa terisi lagu bukan?! Nah untuk itu saya ingin sekali mengekstrak beberapa CD Audio koleksi saya ke format wav lalu mengeksportnya ke dalam format mp3 untuk kemudian dimasukkan ke dalam player saya itu.

Dan software apakah yang saya gunakan untuk melakukan dua hal diatas? Pilihan saya justru jatuh pada 2 aplikasi cli yang namanya cdparanoia dan lame. Untuk menggunakan keduanya saya memerlukan terminal dan mengetikkan perintah seperti kayak jaman dos dulu.  Susah? Ternyata tidak, sangat mudah malah. Tutorial ini saya kerjakan di Ubuntu 10.04.

Misalnya saja, saya ingin memasukan album songs about jane dari maroon 5 ke dalam mp3 player. Pertama yang saya lakukan adalah memasukkan cd-nya kedalam CD/DVD Drive. Lalu jalankan program terminal. Nah selanjutnya kita akan masuk ke direktori Musik di dalam direktori Home dengan perintah ini: 
$ cd /home/roland/Music/ 


Setelah itu kita akan ketikan $ ls untuk melihat isi direktori Music. Ternyata saya ada 4 album musik. Sekarang saya hendak membuat direktori/folder maroon5 lalu didalamnya saya akan membuat direktori/folder baru dengan nama sama dengan nama album maroon 5, songs about jane. Berikut caranya:

$ mkdir maroon5

mkdir singkatan dari make direktori, maroon5 adalah nama direktori yang kita kan buat. gunakan perintah ls untuk memastikan kalau direktori maroon5 sudah terbuat. Langkah selanjutnya adalah membuat direktori nama album di dalam direktori maroon. Gunakan perintah cd untuk masuk ke dalam direktori maroon5:

$ cd /home/roland/Music/maroon5

lalu kita akan membuat direktori nama album

$ mkdir songs_about_jane

Lalu masuk ke dalam direktori yang baru kita buat

$ cd /home/roland/Music/maroon5/songs_about_jane

Kalu sudah begini, kita siap mengekstrak isi cd kedalam direktori songs_about _jane. Gunakan perintah berikut untuk melakukannya:

$ cdparanoia -B


Segera setelah kita hit Enter, proses ekstarcting segera mulai. Jika prosesnya sudah selesai yang mana akan menghasilkan 12 file wav, kita akan segara masuk ke tahap berikutnya, mengubah file wav ke mp3. Sebelumnya gunakan perintah ls untuk melihat isi direktori songs_about_jane. Gunakan perintah berikut ini mengubah format wav ke mp3:

$ lame track01.cdda.wav 01.harder_to_breathe-songs_about_jane-maroon5.mp3

Perintah diatas mengubah track01 yang berformat wav menjadi file mp3 dengan aturan nomer track diikuti nama lagu, nama album, nama artis. Tidak seperti perintah cdparanoia -B, dengan lame kita hanya bisa melakukan pengubahan format file satu persatu. Gimana supaya ga capek ngetik perintah yang sama untuk tiap file. Ini triknya. Gunakan UP ARROW sehingga secara otomatis perintah terakhir akan dikeluarkan

$ lame track01.cdda.wav 01.harder_to_breathe-songs_about_jane-maroon5.mp3



Sekarang kita hanya tinggal mengubah track01 menjadi track02 lalu nomer file mp3 kita ganti sekalgus judul lagunya juga, lainnya tetap. Sekarang tinggal copy saja ke dalam player dan nikmati lagunya. Mudah bukan?!  Saya jadi merasa keren!!! hehehehehehehehe . . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar