Sabtu, 14 Agustus 2010

GIMP: Non Destructive Editing

Salah satu tutorial foto editing lama yang saya masih cukup ingat adalah non detructive editing dari Lunacore. Tutorial ini adalah tutorial untuk Photoshop namun demikian dapat juga dilakukan di GIMP. Salah satu fitur penting dari tutorial Non Destructive Editing ini adalah penggunaan layer 50% Gray Layer, dimana editing sama sekali tidak menyentuh layer foto aslinya namun semuanya dikerjakan di layer 50% gray ini. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan foto sebuah Pura kecil di Danau Bedugul yang saya foto awal tahun ini ketika berlibur ke Bali.


Saat itu cuacanya mendung kadang gerimis dan kabut turun pada siang itu. Sebagai hasilnya fotonya tampak dull. Yang ingin dicapai pada akhir tutorial ini adalah mengembalikan warna, kontras pada bagian Pura dan Hutan.


Open Up Image

Bukalah image yang ingin di edit. Ctrl+N

Foreground Colour

Ganti Foreground colour dari 000000 (Black) menjadi 808080 (50% gray)


50 Gray Layer

Buatlah 2 buah layer baru diatas background layer (lihat layer palette window) beri nama masing-masing Pura dan Hutan. Ganti layer mode kedua layer tadi dari Normal ke Overlay.





Layer Pura

Pilih Layer Pura lalu gunakan Curves tool

Colors - Curves

Klik n drag sampai mendapatkan hasil warna dan kontras yang diinginkan


Layer Hutan

Lakukan hal yang sama dengan seperti Layer Pura, gunakan Curves tool sampai mendapat hasilnya yang diinginkan, jangan kuatir jika Pura-nya menjadi terlalu gelap, kita akan atasi pada langkah berikutnya.


Layer Mask

Pada layer hutan, aplikasikan Layer Mask

Layer - Mask - Add Layer Mask


Kembalikan foreground color ke warna hitam (000000)

Gunakan Paintbrush (P) set ke Brush=Circle(19), sapukan kuas pada bidang area Pura dan air. 

Saya kadang kalanya menggunakan Free Select Tool (F) untuk menandai area yang ingin di brush seperti daerah tepi dari atap untuk memudahkan pekerjaan, di Feather kira-2 10-15px (Select-Feather) lalu dibrush. Jadi inilah foto editing dengan teknik non-destructive editing, bagus bukan?!

Before


After

 

1 komentar: