Sabtu, 08 November 2008

Install Game OpenTTD

Aku masih ingat sekitar tahun 1996/1997 pas pertama kali kami punya komputer di rumah, salah satu game favorit yang sering dimainkan bersama dengan Priscy adalah Tycoon Transport Deluxe for Windows. Sekarang 10 tahun berlalu dan setahuku itu game sudah tidak terdengar lagi beritanya, mungkin sudah masuk peti es alias mati. Tetapi tidak sampai beberapa waktu yang lalu.

Menurut kabar Chris Sawyer si pembuat game ini telah meng-open-source-kan game ini dan sekarang ini Tycoon Transport Deluxe (yang selanjutnya kita sebut saja TTD) kembali hidup dan dikembangkan lebih jauh dengan nama Open Tycoon Transport Deluxe (yang disebut saja Openttd). Walaupun demikian, tidak semua bagian game orisinalnya di-open-source-kan yaitu Grafik dan musiknya. Jika kamu punya CD Game orisinal TTD, kita bisa memakainya untuk mendapatkan grafik dan musiknya. Jika tidak bisa selancar di Google untuk mendapatkan data game (grafik & musik). Cara lain, silahkan kirim email ke roland.qwez@gmail.com, dengan title “minta openttd data” ntar saya kirimkan.

Di repositori Ubuntu 8.04 tersedia versi 0.6.0-2, gunakan Synaptic Package Manajer untuk menginstalnya atau bisa juga mengunduh versi instaler debian terbaru Openttd di www.openttd.org/en (saya pake cara kedua). Letakkan openttd-0.6.3-linux-debian-lenny-i386.deb dan openttd-data.zip di desktop kemudian Unzip openttd-data.zip. Dobel-klik openttd-0.6.3-linux-debian-lenny-i386.deb lalu klik instal paket.



Jendela Debconf muncul, klik saja “maju”




Gunakan screenshot berikut ini sebagai referensi untuk menginstal game data.



Buka terminal dengan cara Aplikasi – Aksesoris- Terminal.
Ketik sudo su (enter)
lalu masukkan password anda (enter)
Kata root sebelum @roland-nutbuk:/home/roland# menunjukkan kalo kita masuk ke root.

Ketik cd /home/ruben/Desktop/openttd-data/data (enter)
Perintah cd berarti change directory. Directory yang kita tuju adalah folder data yang berada didalam folder openttd-data yang kemudian berada didalam folder Desktop dan seterusnya. Ruben adalah nama user, jadi ganti sesuai dengan nama user anda, sama seperti waktu anda login.

Ketik cp *.grf sample.cat /usr/share/games/openttd/data (enter)
Perintah cp = copy. Semua file .grf dan sample.cat di dalam folder data tadi akan di copy ke folder data yang berada di usr/share/games/openttd/data.

Ketik chmod 777 *.grf sample.cat (enter)
Perintah ini merubah file permission agar setiap kali akan menjalankan openttd tidak perlu masuk ke root terlebih dahulu. Selanjutnya kita akan meng-copy data musik di folder gm. Caranya sama seperti instal file grafik tadi, dengan perintah cd, cp, dan chmod. Lihat screenshot sebagai referensi.

Setelah instalasi Openttd selesai, jalankan Openttd Aplikasi – Permainan - OpenTTD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar