Minggu, 19 Oktober 2008

Watchtower Library 2006 di Ubuntu 8.04 Hardy Heron.

Sejak pertama kali menggunakan Linux secara serius lebih dari setahun yang lalu, salah satu program yang pengen banget gw arepin bisa jalan di Ubuntu Linux adalah Watchtower Library. Keinginana ini keluar karena seiring berjalannya waktu makin sering gw make Ubuntu ketimbang Windows jadi agak males rasanya kalau kudu pindah ke Windows untuk melakukan riset Alkitab menggunakan Watchtower Library (yang seterusnya disingkat Wtlib) karena sebagian besar kegiatan sudah dapat dipenuhi di Ubuntu, hampir semua kecuali bermain game.

Tetapi sayangnya Wtlib menurut file readme.txt di dalam CD-nya mengatakan kalau program ini tidak di desain untuk mesin Linux dan Mac. Sedikit kecewa waktu itu, tapi kemudian dengar-dengar ada sebuah program yang dapat menjalankan aplikasi under Windows di Linux yaitu WINE (Wine is not emulator).

Pertama kali nyoba (setelah sebelumnya install WINE) menginstall Wtlib berjalan mulus tanpa halangan. Tetapi ketika menjalankan Wtlib ada beberapa bagian yang missing sehingga gw ga bisa mengakses konten Wtlib yang gw cari. Jadi sekali lagi gw ngerasa kecewa dan putus asa. Keinginan agar wtlib bisa jalan di Ubuntu gw tinggalin walaupun kadang-kadang suka muncul kembali.
Beberapa minggu lalu ketika iseng-iseng buka situs WINE yaitu winehq.com secara ga sengaja gw nemuin suatu hal yang mengejutkan. Wtlib ada dalam daftar program yang dapat berjalan di WINE. Dan tidak hanya bisa jalan tapi juga mendapat ranking tertinggi yaitu Platinum (selain Platinum, ada Gold, Silver, Bronze, bahkan garbage). Selain itu terdapat sejumlah orang menjadi maintaner Wtlib, entah mereka ini Saksi atau tidak aku gatau tapi yang pasti mereka inilah yang bekerja membuat Wtlib bisa jalan di WINE.

Segera gw nyari .deb WINE terbaru (karena WINE yang ada di repo Ubuntu jadul). Gw ngedapetin beberapa versi WINE mulai dari v1.0.1 sampai v1.1.5. Segera setelah itu gw install v1.1.5 dan setelahnya Wtlib gw install di Ubuntu. Tapi ternyata sekali lagi gw kecewa, gw dapet problem yang sama dengan yang dulu. Beberapa bagiannya hilang seperti kalo kita ingin mengakses Alkitab Terjemahan Dunia Baru, bagian yang menunjukkan nama buku, pasal, dan ayat - bagian ini tidak ada.
Namun kemudian terjadi keajaiban, entah ide dari mana tiba-tiba gw iseng-iseng ngedrag bagian yang hilang itu ke bawah (gw liat pointer mouse berubah menjadi pointer drag atas-bawah) dan . . . Voila!!! Maka jadilah ada! Yup Bagian yang hilang itu sekarang kembali muncul. Terus gw nyoba ke fitur lain dari Wtlib yang hilang juga beberapa bagiannya dan gw berhasil menampilkan semua bagian yang hilang tersebut.

Segera gw nyoba semua fitur Wtlib dan semua berjalan sama persis seperti kalau jalan di Windows. Hati gw seneng banget sampe langsung sms Willy kalau gw bisa ngejalanin tuh wtlib lancar jaya di Ubuntu. Sekarang gw ga perlu lagi booting Windows XP kalau ingin melakukan riset Alkitab pribadi.

Goodbye Windows, Hello Ubuntu!!! ;)






2 komentar:

  1. Kalo gua dah punya wtlib yg 2007.
    jalan mulus juga di ubuntu 8.10.

    BalasHapus
  2. Wah sip-2 Bro . . . .lagi nunggu yang edisi bahasa indonesia :)

    BalasHapus