Selasa, 24 Juni 2008

Gdeskcal

Pernah mencoba KDE 4? Wow keren banget! Terutama penambahan eye-candy di desktop yang membuat KDE 4 ga kalah dengan tampilan Vista dan MacOSX atau malah jauh lebih bagus ya. Salah satu eye candy yang memikat hati adalah kalender yang walaupun di Gnome ada (bukan eye candy loh, cuman kalender gitu-gitu aja) secara default ada tapi sedikit kurang oke kayaknya.

But fear not my friends ;) terkubur dalam tumpukan paket di repositori Ubuntu ada sebuah aplikasi Kalender yang bernama Gdeskcal. Singkat kata Gdeskcal ini merupakan aplikasi kalender kecil dengan fitur smooth alpha blending atau bisa disebut transparasi kalo aku ga salah dan penampilannya dapat diganti sepenuhnya dengan mengganti skin, keren yah? :))

Yang pertama kita lakukan adalah menginstal Gdeskcal dengan 2 cara. Buka terminal dan ketikkan:

$ sudo apt-get install gdeskcal

Kedengarannya soo Geeky?Pake acara ketik-ketik untuk instal ala jaman jadul?:) Fear Not . . . cara kedua adalah melakukan pencarian dan instal Gdeskcal dengan menggunakan Synaptic Package Manager:

System > Administration > Synaptic Package Manager.

Sayang sekali Gdeskcal ga masuk dalam daftar Add/Remove Program (salah satu cara untuk instal paket), dan ini bukan sayang yang satu-satunya tapi entar aja aku jelasin kenapa.

Setelah proses instalasi selesai, saatnya untuk menjalankan Gdeskcal tapi dimana ya ikon Gdeskcal? Gw jamin pe mo nyari di bagian aplikasi ataupun sistem sampai kapan juga ga bakal nemu. So cara paling mudah adalah kembali ke dasar, buka terminal.

Aplikasi > Aksesories > Terminal (*sebagai catatan saja aku pake dukungan bahasa Indonesia dan bukan Inggris). Lalu ketikkan:

$ sudo gdeskcal

Dan . . .walah! Gdeskcal nunjukkin mukanya di desktop :)) *#sling-sling blink-blink!!!*#. Tapi . . . ini yang aku sebut sayang kedua, coba deh tutup terminal dan demikian juga Gdeskcal pun tutup usia, Halah!!! :((

Setidaknya aku punya 2 goal yang harus terpenuhi dari Gdeskcal, pertama kudu mudah di akses, tanpa perlu ketik-ketik di terminal, kedua Gdeskcal kudu jalan tiap kali aku login yang berarti yang harus dilakukan adalah:

1. Bikin Shortcut Gdeskcal.

2. Tambahkan Gdeskcal di Sesi

Mari kita mulai bekerja :)

Pertama shortcut, klik kanan di area desktop lalu pilih "Bikin Launcher". Ada beberapa isian yang harus diisi:

1. Tipe : Aplikasi
2. Nama : Gdeskcal
3. Komentar : Kalender

Untuk perintah, kita akan mencari file yang mirip-mirip cara kerjanya .exe di Windows, konsultasikan dengan Synaptic Package Manager untuk mencari lokasi pastinya. Di "Perintah" klik "Cari.." kemudian di Nautilus:

Sistem Berkas > usr > bin >gdeskcal > Buka

Setelah bagian ini selesai dilakukan, kita akan menambahkan ikon shortcut yang akan membawa kita ke "sayang" yang ketiga yaitu Gdeskcal ternyata ga punya!!! Weleh!!!. Untuk itu kita akan klik ikon berbentuk per di Buat Peluncur Program tadi untuk menambah ikon untuk Gdeskcal. Dari semua ikon yang tersedia, aku memilih ikon yang sesuai, kali ini minjam ikonnya Dates, sebuah aplikasi kalender. sampai disini, tugas nomer satu selesai, Sebuah shortcut atau di sini digunakan istilah Launcher.

Sekarang tugas nomer 2, ini yang harus dilakukan, jalankan Gdeskcal di Sesi dengan cara:

Sistem > Pengaturan > Sesi.

Di Tab Program Startup klik "Tambah" dan kita akan diberi jendela yang isinya sama seperti waktu kita bikin launcher tadi tapi minus ikon. Lakukan seperti yang kita lakukan tadi dan tugas nomer 2 pun selesai . . .phew!:)

Untuk merasakan kerja keras kita tadi (masak siy ;p ) kita harus logout kemudian login kembali dan Gdeskcal otomatis jalan saat startup dan kita punya launchernya :)) hwakakakakakakakakaka...emang keren gw!! (narsis mode on ;)

Selamat Mencoba!!

1 komentar:

  1. Hopefully my art will be of some interest, too.
    Ping Desktop / Laptop Wallpapers.
    http://screenfonds.blogspot.com/
    Peter Ingestad, Sweden

    BalasHapus